penyebab mendengkur

Inilah Penyebab Mendengkur Saat Tidur

Diposting pada

Mendengkur bukanlah gejala yang normal. Sangat banyak sekali kemungkinan penyebab mendengkur yang dapat membahayakan kesehatan. Terlebih jika munculnya secara mendadak dan kemudian berlangsung secara terus menerus. Beberapa kasus harus diwaspadai karena dapat dijadikan petunjuk tentang masalah kesehatan.

Adapun penyebab dari mendengkur yaitu aliran nafas terhalang maksudnya masuknya udara ke paru-paru terhalang, halangan itu bisa terjadi di area rongga hidung, kerongkongan atau rongga mulut.

Penyempitan yang disebabkan adanya polip hidung, melemahnya otot pangkal lidah atau amandel bisa berlangsung lama sampai penyebabnya masih belum diketahui. Apabila mendengkur karena dinding rongga hidung yang membengkak disebabkan alergi atau menyempitnya pipa udara karena asma, gejala mendengkur tersebut tidak akan lama.
Apabila pernapasan lewat hidung terganggu, biasanya orang akan bernapas melalui mulut. Pernapasan melalui mulut akan berpotensi munculnya suara dengkur.

Penyebab Mendengkur Saat Tidur

Juga kalau anak lidah (uvula) jadi lemah dan langit-langit mulut bagian belakang (soft palate) ototnya mengalami kendur, udara pernapasan tidak lancar mengalir,biasanya sering dialami oleh orang lanjut usia. Udara pernapasan yang mengalami goncangan akan membuat getar jaringan lunak yang dilalui, lalu timbullah suara dengkur.

Tidur terlentang juga memperkuat munculnya dengkuan terutama pada mereka yang berpotensi mendengkur. Posisi terlentang membuat pangkal lidah merebah ke bawah dan anak lidah serta langit-langit rongga mulut turun sehingga mudah terjadi dengkuran.

Baca Juga:

Sedangkan dengkuran disebabkan oleh penyakit yaitu memiliki gejala dengkuran yang tiba-tiba muncul dan berlangsung terus-menerus. Gejala awal stroke juga bisa melemahkan otot lidah, sehingga menunjukkan gejala mendengkur. Mendengkur bisa juga sebagai tanda gejala serangan jantung dan penyakit jantung pada umumnya umumnya.

Kejadian nafas berhenti sejenak seharusnya tidak dianggap sepele. Karena kejadian itu diakibatkan tersumbatnya jalan nafas. Harus waspada jika mengetahui orang mendengkur lalu diselingi dengan berhenti bernafas sejenak.

Yang perlu diwaspadai yaitu terjadinya pengurangan pasokan oksigen ke jantung dan otak dan juga risiko terserang jantung koroner, dan atau stroke. Pastikan mengecek kesehatan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

Waspada lebih awal soal penyebab mendengkur perlu dilakukan untuk mengetahui jika terdapat risiko penyakit yang mengancam nyawa. Apabila suatu penyakit berbahaya diketahui lebih awal maka akan lebih banyak untuk mencari kesembuhannya. Semoga artikel penyebab mendengkur ini bermanfaat untuk para pembaca. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan