7 Kebiasaan Yang Bisa Merusak Otak

Diposting pada
Otak (foto: dinkes.cirebonkab.go.id) 
Otak merupakan pusat syaraf yang dapat memberikan perintah kepada anggota tubuh agar melakukan sesuatu. Bisa dibiLang otak merupakan pusat kendali tubuh kita. Namun ternyata otak bisa juga rusak akibat kesalahan-kesalahan yang kita perbuat. Berikut ini adalah bahaya yang bisa merusak otak kita:
1.      Tidak sarapan
Bila tidak sarapan maka akan menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi berkurang  sehingga akan mengurangi pasokan nutrisi ke otak. 
2.      Terlalu banyak makan berlemak
Apabila terlalu banyak makan makanan berlemak akan mengakibatkan pengerasan pada pembuluh otak akibat lemak terlalu banyak dan akan mengurangi kemampuan otak. 
3.      Polusi udara
Udara yang tercemar akan mengurangi fungsi otak. Karena otak merupakan  yang paling banyak membutuhkan oksigen dibanding organ tubuh yang lain. 
4.      Kurang tidur
Seperti tubuh otak juga perlu istirahat, maka apabila otak kurang istirahat maka lama-kelamaan akan sel otak akan mengalami kerusakan. 
5.      Terlalu banyak mengkonsumsi gula
Jika mengkonsumsi gula terlalu banyak akan mengacaukan sistem pencernaan sehingga akan mempengaruhi penyerapan protein dan nutrisi. Sehingga gizi dalam tubuh tidak seimbang dan perkembangan otak pun terganggu. 
6.      Telephone terlalu lama 
Gelombang elektromagnetik yang terdapat pada handphone akan mempengaruhi perkembangan otak. Jadi bila ingin menelephone lama sebaiknya memakai  headset atau sejenisnya. 
7.      Minuman beralkohol
Alkohol merupakan racun bila masuk ke tubuh maka memaksa hati untuk bekerja lebih keras untuk menetralisir racun tersebut. Tidak menutup kemungkinan bahwa racun tersebut bisa masuk ke otak dan menyebabkan kerusakan pada otak. 
Itulah beberapa bahaya apabila melakukan kebiasaan seperti yang sudah dijelaskan diatas. Maka sebaiknya harus menghindari kebiasaan buruk agar terhindar dari penyakit terutama pada otak.

Tinggalkan Balasan